Menjaga Tubuh Agar Tetap Terjaga, Wajib Kalian Cobaaa !


Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Oleh sebab itu agar tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa supernatural adalah beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Sering juga cara yang dilakukan menghabiskan banyak biaya dan bahkan juga tak jarang menabrak aneka norma dan logika. Tetapi sebenarnya menjaga diri untuk tetap sehat tidaklah sulit, dan kadangkala juga tidak memerlukan biaya sama sekali. Tetapi tentunya kits butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan, karena hanya sedikit orang bisa untuk tetap konsisten menjalani.
Karena orang yang mempunyai kesibukan tinggi dia akan mudah sekali lelah. Saat tubuh capek ataupun lelah sistem imun akan melemah, dan saat imun melemah itulah berbagai macam penyakit akan bisa masuk ke dalam tubuh. Orang yang sibuk dengan pekerjaannya pun akan kesulitan dalam mengatur pola tidurnya sehingga saat seseorang memiliki jam tidur malam yang sedikit dia akan mudah terkena berbagai macam penyakit akibat kurang tidur. 
1. Berpikiran Positif (Positive Thinking)
Berpikir-PositifDalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat
Maksud dari kalimat ini, jika di dalam jiwa seseorang sehat (positive thingking) maka tubuh pun akan sehat. Kondisi gangguan pada mental seperti stress dan depresi telah terbukti mengganggu kesehatan tubuh seseorang. Untuk itu, teruslah berpikir positif dan memanage kondisi mental agar tidak mengalami stress yang berpotensi mengganggu kesehatan.
Pikiran positif sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan kita. Karena jika kita sering berpikiran buruk, energi yang buruk akan menyelimuti tubuh dan memicu stress sehingga kita harus menghindarinya.
Kita juga harus menjauhi orang-orang dengan pola pikir negatif. Sikap mental yang positif merupakan bagian penting dari hidup sehat. 
2. Kendalikan Stres
Kendalikan-Stres
Kelola emosi dengan baik, Jangan mudah untuk marah-marah, hal ini sangat penting, karena akan membuat habis energi tubuh dan juga tidak baik untuk hati nantinya. Jadilah orang yang mudah tersenyum dan ramah karena ini baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
Perasaan seseorang seperti sedih, marah, cemas, kecewa, dll akan direspon oleh organ tubuh lainnya. Stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang berakibat tubuh rentan terkena penyakit.
Maka dari itu, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat kita harus bisa mengendalikan stress yang kita miliki. Jangan pernah menganggap remeh penyakit stress ini. Stress yang tidak segera diatasi akan berubah menjaid depresi. Depresi merupakan tingkatan gangguan psikis yang lebih membahayakan dibandingkan dengan stress. Orang yang depresi bahkan bisa membahayakan keselamatan dirinya sendiri.
3. Kenali bahasa tubuh

Kelelahan setelah melakukan aktifitas atau berolahraga merupakan bahasa tubuh kita untuk menyampaikan pesan bahwa tubuh perlu berisitrahat. Tanggapi pesan tersebut dengan mengistirahatkan tubuh. 
Beristirahat merupakan kondisi alamiah yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan stamina yang telah terkuras. Istirahat yang cukup dan teratur merupakan kunci sehat yang harus kita lakukan. Tidur merupakan istirahat terbaik, dan usahakan waktu tidur berkualitas sekitar 7 sampai 8 jam perhari terpenuhi. Jangan kurang dan jangan berlebihan, sebab kebanyakan tidur pun akan memicu timbulnya penyakit
dan dengan lampu tidak menyala dan tingkatkan kualitas tidur kita dengan tidur tanpa bantal. Tidak hanya pada malam hari saja, tidur di siang hari pun akan sangat memberi manfaat bagi tubuh kita.
4. Menjaga Pola Makan

Kita harus bisa menjaga pola makan, jangan sampai kita meninggalkan sarapan dan atur selalu jam makan. Orang yang tidak bisa mejaga pola makannya dia akan mudah sekali terkena penyakit maag. Gejala penyakit maag pertama yang akan dirasakan orang yang tidak memiliki pola makan yang teratur adalah perut terasa melilit dan sering terkena sakit perut. Untuk menghindari hal yang seperti itu, berikut juga beberapa tips menjaga pola makan yang baik :

Mengkonsumsi Gizi Seimbang
Makanan-dengan-Gizi-Seimbang
Mengkonsumsi makananan dengan gizi seimbang
Sudah tidak asing lagi tentang makanan dengan gizi seimbang, makanan dengan gizi seimbang adalah 4 sehat dan 5 sempurna. Semua gizi makanan ada di makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Memang karena faktor ekonomi banyak juga masyarakat yang tidak bisa melakukan pola makan seperti itu. Pola makan mereka kebanyakan jika sudah ada sayur maka lauknya yang tidak ada. Kalaupun keduanya ada, banyak masyarakat yang tidak bisa meminum susu setiap harinya, sehingga makanan 4 sehat 5 sempurna dengan gizi seimbang tersebut tidak terpenuhi.
Hindari Makan Berlebihan atau kurang
Hindari-Makan-Berlebihan
Jangan makan berlebihan ataupun kekurangan
Makan berlebihan dapa membuat kita kegemukan atau obesitas yang dapat memicu berbagai macam penyakit seperti serangan jantung dan juga penyakit stroke. Sedangkan makan terlalu sedikit (karena alasan diet misalnya) beresiko berkurangnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanlah sesuai dengan kebutuhan, berat badan ideal tubuh pun sehat.
Makanlah porsi sedikit, tapi lebih sering. Hal ini cukup baik untuk diterapkan. Kita bisa merubah sedikit jadwal makan, jika sudah terbiasa makan dalam porsi yang besar dengan frekuensi yang sedikit, yaitu 2-3 kali dalam sehari. Maka kita bisa membaginya menjadi 4 atau 5 kali dalam sehari, dalam porsi yang lebih kecil. Tujuan memecah porsi makan ini agar tubuh terhindari dari terlalu banyak menerima makanan yang harus dicerna dalam satu waktu,
Hindari Makanan Sampah
Hindari-Makanan-Sampah
Junk Food (Makanan sampah)
Makanan sampah disebut juga dengan junk food. Junk food merupakan makanan sampah, sebab di dalam makanan itu tidak ada nutrisinya samasekali. Justru makanan itu merupakan sumber penyakit bagi tubuh. Junk food adalah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi yang merupakan sumber penyakit jantung koroner. Agar tubuh tidak mudah sakit tentunya kita harus menghindari makanan junk food tersebut.
Konsumsi makanan berserat
Konsumsilah-makanan-berserat
Makan makanan yang berserat (sayur dan buah)
Makanan berserat sudah dipercaya dan terbukti sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Kita memerlukan makanan yang berserat untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar. 

5. Cukupi Kebutuhan Cairan

Cukupi-Kebutuhan-Cairan-Tubuh
Sebagian besar dari kita tidak sadar bahwa sebenarnya kita sering sekali kurang cukup meminum air setiap hari. Ini tentu hal yang tidak baik, sebab seperti kita ketahui air sangat penting bagi tubuh kita. Ini karena kita kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air untuk tubuh kita.
Sebuah penelitian menunjukkan jumlah air yang kita butuhkan adalah tergantung pada berbagai faktor. Seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang kita lakukan, dan juga berat badan. Tetapi umumnya kita perlu 2,7 sampai 3,7 liter asupan air. Atau setidaknya kita meminum 8 gelas air per hari guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Jangan kurang, jangan pula berlebihan.

0 Response to "Menjaga Tubuh Agar Tetap Terjaga, Wajib Kalian Cobaaa !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel